Cara Membuat Array di JavaScript

Posted on

Cara Membuat Array di JavaScript – Array dalam JavaScript adalah struktur data yang sangat berguna untuk menyimpan daftar elemen dalam urutan tertentu. Dengan array, kita dapat mengakses dan memanipulasi sejumlah besar data dengan lebih efisien.

Selain itu dengan menggunakan array, kita dapat mengelompokkan berbagai jenis data, mulai dari string, number, hingga objek, dalam satu wadah yang dapat diakses dengan mudah melalui indeks atau urutan.

Dalam artikel kali ini, kelasjava akan memberikan kamu wawasan dan panduan lebih dalam tentang array dalam JavaScript dan mengapa mereka begitu penting dalam pemrograman web serta membuat program Array di JavaScript.

Fitur-Fitur Array dalam JavaScript

  1. Indeks: Setiap elemen dalam array memiliki indeks numerik yang dimulai dari nol. Dengan indeks ini, kita dapat mengakses nilai individu dalam array.
  2. Tipe Data Fleksibel: Array di JavaScript dapat menampung nilai dengan tipe data yang berbeda, memberikan fleksibilitas dalam menyimpan data.
  3. Dinamis: Panjang array dapat berubah sesuai kebutuhan saat runtime, memungkinkan penambahan atau penghapusan elemen dengan mudah.
  4. Manipulasi Data: Array menyediakan berbagai metode bawaan untuk manipulasi data, seperti penambahan atau penghapusan elemen, pengurutan, pencarian, dan lainnya.
  5. Iterasi: Kita dapat mengakses setiap elemen dalam array menggunakan perulangan, memungkinkan kita untuk melakukan operasi pada setiap elemen.
  6. Indeks Negatif: Penggunaan indeks negatif memudahkan kita dalam mengakses elemen dari akhir array.
Baca Juga:   Cara Membuat Program Luas Lingkaran dengan JavaScript

Dengan fitur-fitur tersebut, array menjadi alat yang sangat kuat dalam mengelola data dalam pemrograman JavaScript.

Hal yang Dibutuhkan untuk Membuat Array di JavaScript

Sebelum memulai proyek membuat array di JavaScript, pastikan kamu telah menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Perangkat laptop.
  • Sublime Text (Editor kode teks).
  • Google Chrome (Peramban web).
  • Niat yang kuat untuk belajar JavaScript Array.

Setelah kamu menyiapkan beberapa hal diatas, kamu bisa memulai membuat array di JavaScript yang sudah kelasjava buat dan bisa kamu terapkan langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah-langkah untuk Membuat Array di JavaScript

1. Siapkan Folder dan File

Buatlah struktur folder untuk proyek yang akan kamu buat di mana didalamnya terdapat file HTML, CSS, dan JavaScript, untuk contoh struktur foldernya sebagai berikut:

Project Array

  • index.html
  • style.css
  • script.js

2. Coding File HTML

Buatlah file HTML (index.html) dan tambahkan struktur dasar HTML untuk halaman web kamu, berikut kode HTML yang bisa kamu salin dibawah ini.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <title>https://kelasjava.com/</title>
    <link rel="stylesheet" href="style.css">
</head>
<body>
    <h1>Array - By: KelasJava</h1>
    <p id="arrayOutput"></p>

    <script src="script.js"></script>
</body>
</html>

3. Coding File CSS

Tambahkan styling CSS di file style.css untuk mempercantik tampilan halaman web, berikut kode CSS yang bisa kamu salin dibawah ini.

body {
    font-family: Arial, sans-serif;
    text-align: center;
    padding: 20px;
}

h1 {
    color: #333;
}

p {
    color: #666;
}

4. Coding File JavaScript

Buat skrip JavaScript di file script.js untuk mengatur penggunaan array, berikut adalah kode yang JS yang bisa kamu salin.

// Array buah-buahan
let buah = ['Apel', 'Pisang', 'Mangga', 'Jeruk', 'Anggur'];

// Menampilkan isi array buah-buahan
let output = 'Buah-buahan yang tersedia:<br>';
buah.forEach(function(item) {
    output += item + '<br>';
});
document.getElementById('arrayOutput').innerHTML = output;

5. Jalankan Kode

Buka file index.html menggunakan browser web untuk melihat hasilnya, atau bisa juga dengan melakukan klik kanan pada kode index.html lalu pilih opsi “Open in Browser”.

6. Menampilkan Hasil

Selamat! kamu telah berhasil membuat array di JavaScript dan melihatnya di tampilan halaman web, kamu akan melihat daftar buah yang ditampilkan di halaman web sesuai dengan array yang telah dibuat..

Baca Juga:   Cara Membuat Jam Analog dengan JavaScript

Penutup

Array dalam JavaScript adalah alat yang sangat berguna dalam mengelola data dalam pemrograman web. Dengan memahami konsep dasarnya dan mengikuti langkah-langkah untuk membuatnya, kamu dapat memperluas keterampilan pemrograman JavaScriptmu. Selamat mencoba!